Rabu, 03 September 2008

Autis Peduli Sesama

Pada hari Sabtu, tanggal 30 Agustus 2008 keluarga besar Fredofios melaksanakan Bakti Sosial di Panti Asuhan yatim putra Muhammadiyah, panti Asuhan Yatim putri Muhammadiyah dan Lembaga Autis Sari Asih Yogyakarta. Para siswa, Opiq, Mbak Tia, Mbak Dian, Todi, dan Ivan mengumpulkan baju pantas pakai, mainan, dan sembako di sekolah. Kemudian mereka memasukkan barang-barang tersebut ke dalam kardus. Mereka belajar bekerja sama mengepak barang, Todi ikut Pak Agung membeli mie instant, beras dan susu, sedangkan Mbak Dian, Mbak Tia, dan Opiq mengepak barang di ruang 3. Bu Dewi, Bu Della dan Pak Catur ikut serta membantu mereka. Sedangkan Ivan sibuk membaca koran dan mengawasi teman-temannya dari koridor.
Menurut ketua panitia, Ibu Della, tujuan diadakannya Baksos ini adalah untuk melatih para siswa peduli pada sesama, melatih empati dan kerjasama, serta mengenalkan para siswa pada lingkungan sekitar.
Pukul 09.00 WIB keluarga besar Fredofios berangkat dari sekolah menuju Panti Asuhan Yatim Putra. Mereka diantar dengan mobilnya Mbak tia dan barang-barang yang akan disumbangkan diangkut dengan mobil Pak Joko, papa Ivan. Sebagian guru ada pula yang naik sepeda motor. Para santri dan pengasuhnya menyambut kedatangan keluarga besar Fredofios dengan hangat. Setelah saling berkenalan, ketua panitia menunjukkan bakat-bakat para siswa Fredofios. Ivan tampil menyebutkan nama radio, alamat stasiun radio dan frekuensinya. Ivan memang hafal beberapa alamat dan frekuensi radio di Indonesia. Lain lagi dengan Opiq yang dapat menebak hari, ketika disebutkan tanggal, bulan dan tahun tertentu. para santri dan pengasuhnya tampak kagum melihat para siswa berbakat ini.
Di Panti Asuhan Yatim Putri, keluarga besar Fredofios disambut paduan suara dari santri-santri. Para siswa dan guru juga berkeliling melihat lingkungan sekitar asrama panti. Mereka tampak senang berbaur dengan para santri. Dan perjalanan berakhir di Lembaga autis Sari Asih. Para siswa dapat bertemu dengan sesama penyandang autis di lembaga ini. (Dewi Retno Pertiwi)

Tidak ada komentar: