Selasa, 31 Maret 2009

Perayaan 6 Tahun SLB Autis Fredofios dan Hari Autis Internasional

PLEASE DONT SHUT ME UP
JUST BECAUSE I'M DIFFERENT
3 April 2009 nanti, SLB Autis Fredofios genap berusia 6 tahun. Sejak berdirinya sekolah ini, telah banyak siswa-siswi penyandang autis yang merasakan pendidikan khusus, telah menemukan bakat-bakatnya, menjadi mandiri dan semakin percaya diri untuk melangkah ke dunia luar. Meskipun begitu, ternyata masih ada orang-orang di sekitar mereka yang memperlakukan berbeda. Ketika mereka sosialisasi ke swalayan, pasar, mall, naik bis dan pergi ke tempat umum lainnya, seringkali mereka mendapat tatapan aneh, sikap cuek, mendapat punggung, malah ada yang bersikap takut dan menghindar. Para guru yang mendampingi merekapun dengan sabar dan senyum di wajah mencoba menjelaskan kepada masyarakat yang ditemuinya.
Kurangnya pengetahuan mengenai autism menjadi salah satu penyebab. Banyak remaja di Yogyakarta belum mengerti arti autism. Ada pula mahasiswa yang ingin penelitian di SLB Autis Fredofios ternyata belum paham benar tentang autism, bahkan bersikap agak takut dan menjaga jarak dengan para siswa.
Berlatar belakang hal itu maka kami menyelenggarakan perayaan HUT SLB Autis Fredofios dengan menghadirkan Mr. Fred Vrugteveen untuk Talk Show tentang Autism dan Pendidikan. Para siswa juga akan memamerkan beberapa lukisan, unjuk bakat dan sharing saudara kandung siswa. Acara tersebut diselenggarakan di Djambur Coffee, Jl. gambir 17 Karangasem Baru Catur Tunggal Yogyakarta, tepatnya di belakang Percetakan Kanisius. Acara ini akan mengundang para keluarga siswa, wakil dari sekolah-sekolah autis di Yogyakarta, wakil dari P3Tka, dan terbuka untuk umum, berlangsung pukul 19.00 - 21.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin hadir kami memberikan kesempatan emas untuk mendaftar, tidak dipungut biaya, namun diharapkan untuk membawa uang saku untuk makan dan minum di Djambur Coffee.
Djambur Coffee sebagai tempat yang kami pilih karena kami pernah satu kali tampil disana sebagai pembuka acara pentas Teater. Djambur Coffee sering mengadakan acara seni dan budaya yaitu pentas teater, monolog, wayang pandora, musik, diskusi budaya, dan masih banyak lagi. Djambur Coffee merupakan tempat yang efektif untuk memberikan informasi mengenai autism pada masyarakat khususnya para remaja yang seusia dengan para siswa di SLB Autis Fredofios.
Menurut Della Adelina, S.PSi selaku koordinator, bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Autis yang akan diselenggarakan bulan Mei 2009 mendatang. Diharapkan dengan acara ini dapat menggugah kepedulian masyarakat untuk selalu menghargai hak-hak penyandang autis dan memberikan perlakuan sama pada mereka.
by : Dewi Retno Pertiwi, S.Psi

Tidak ada komentar: